PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP USWATUN HASANAH JAKARTA BARAT

  • Connie Chairunnisa
  • Anen Tumanggung Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Istayatiningtias Istayatiningtias Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang pada umumnya cenderung berorientasi pada pendidikan berbasis hard skill (keterampilan teknis), dan lebih bersifat mengembangkan intelligence quotient (IQ, sedangkan kemampuan soft skill yang tertuang dalam emotional intelligence (EQ) dan spiritual intelligence (SQ) masih sangat kurang. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Uswatun Hasanah, yang berlokasi di Jl. Cendrawasih Cengkareng Jakarta Barat.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengunakan observasi berperan serta, wawancara, serta studi dokumentasi. analisis data bersifat induktif. Unruk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, diskusi teman sejawat, serta menggunakan bahan referensi. Pada penelitian ini ditemukan bahwa model pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMP Uswatun Hasanah, baru dilaksanakan pada tahap pembiasaan, dan belum pada tahapan perilaku serta budaya. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah artikel jurnal untuk di publikasikan, dan draft buku pengembangan model pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama, dengan disain sampai pada tahapan perilaku dan budaya.

Published
2018-12-31
How to Cite
Chairunnisa, C., Tumanggung, A., & Istayatiningtias, I. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP USWATUN HASANAH JAKARTA BARAT. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1(1), 514-537. https://doi.org/10.22236/psd/1142-6260