Rancang Bangun Aplikasi Terapi Wicara Grow SCDC (Special Child Development Centre) Berbasis Android

Authors

  • Faizin Fifaridillah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Atiqah Meutia Hilda Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22236/teknoka.v5i.313

Keywords:

Terapi Wicara, Kartu, Speech to text, Text to Speech, Android

Abstract

Klinik Tumbuh Kembang Anak Grow SCDC (Special Child Development Centre) merupakan salah satu pusat terapi untuk perkembangan kesehatan anak, dimana kegiatan yang ada di dalamnya terdapat beberapa fasilitas terapi untuk perkembangan anak yang mengalami gangguan kesehatan.  Salah satu gangguan adalah berbahasa atau bicara. Aplikasi terapi wicara dibangun dengan berbasis android menggunakan metode Extreme Programming. Aplikasi terapi wicara menggunakan metode perubahan teks menjadi suara (text to speech) dan metode suara menjadi teks (speech to text). Metode text to speech  dilakukan dengan  menyebutan nama kartu berisi gambar dan nama kartu. Pada saat kartu dipilih, aplikasi akan menyebutkan nama dari kartu tersebut. Metode text to speech dilakukan dalam fitur game tebak kartu. Game tebak kartu berisi daftar dari kartu yang dapat ditebak menggunakan tombol voice, pada saat tombol voice ditekan, suara yang dikeluarkan user akan direkam dan selanjutnya rekaman suara akan diubah menjadi teks. Hasil teks akan dicocokan dengan nama dari kartu yang dipilih, teks akan di periksa apakah jawaban bernilai benar atau salah. Aplikasi terapa wicara ini dirancang dan dibuat dengan beberapa bahasa pemrograman, yaitu Dart, PHP (Perl Hypertext Preprocessor), framework Flutter dan paket pendukung yaitu Cloud Speech API untuk penerapan metode text to speech dan speech to text. Sistem manajemen basis data menggunakan piranti lunak MySQL. Dapat disimpulkan pada penelitian ini fitur dan fungsi yang ada didalam aplikasi sudah sesuai dengan keinginan responden dikarenakan memiliki nilai rata-rata kuesioner yaitu 87%, dengan pernyataan aplikasi terapi wicara ini sudah stabil dan lancar bagi responden.

Author Biographies

Faizin Fifaridillah, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Program Studi Teknik Informatika

Atiqah Meutia Hilda, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Program Studi Teknik Informatika

References

K. Pengantar, Gangguan Berbahasa, vol. 15, no. 1. 2015.

L. Bicara, U. Tahun, and L. Vygotsky, “‘HELPER’ Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA,” vol. 35, no. 1, pp. 19–30, 2018.

T. Gumelar, R. Astuti, and A. T. Sunarni, “Sistem Penjualan Online Dengan Metode Extreme Programming,” vol. 9, no. 2, pp. 87–90, 2017.

J. Dirmansyah, “Berbahasa Indonesia Berbasis Text To Speech Dan Speech Recognition Pada Perangkat Android,” Semin. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. x, pp. 1–8, 2015.

E. Widiyanto, S. N. Endah, and S. Adhy, “Aplikasi Speech To Text Berbahasa Indonesia Menggunakan Mel Frequency Cepstral Coefficients Dan Hidden Markov Model ( Hmm ),” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. Undip, pp. 39–44, 2014.

F. Enggar Krisnada and R. Tanone, “Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile menggunakan Flutter,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 281–295, 2020, doi: 10.28932/jutisi.v5i3.1865.

A. Akbar et al., “IMPLEMENTASI GOOGLE SPEECH API PADA APLIKASI KOREKSI HAFALAN AL-QUR ’ AN BERBASIS ANDROID ( The Implementation of the Google Speech on Qur ’ an Recitation Correction,” vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2019.

M. Muslihudin and A. Larasat, “Perancangan Sistem Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Di Stmik Pringsewu Menggunakan Php Dan Mysql,” J. TAM, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2016, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

D. Sukrianto and S. Agustina, “Pemanfaatan Sms Gateway Pada Sistem Informasi Absensi Siswa Di Sman 12 Pekanbaru Berbasis Web.,” J. Intra Tech, vol. 2, no. 2, pp. 78–90, 2018, [Online]. Available: http://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/31.

S. Pohan, “Pemodelan Uml Untuk Menentukan Kelulusan Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web,” J. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 41–51, 2019, doi: 10.36987/informatika.v3i2.214.

Downloads

Published

2021-01-04