Perancangan Sistem Informasi Otorisasi Aktifitas Ruang Server

Authors

  • Agni Isador Harsapranata Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.22236/teknoka.v5i.316

Keywords:

Open Source, php, mysql, Sistem informasi

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi komputer dewasa ini, mendorong penulis untuk melakukan penelitian di bidang sistem informasi. Dimana dalam sistem informasi yang penulis lakukan yaitu dengan adanya masalah yang terjadi didalam penulis melakukan monitoring terhadap seluruh aktifitas ruang server.Dalam hal ini penulis selama ini penulis kesulitan dalam melakukan pencatatan seluruh aktifitas yang dilakukan di dalam ruang server. Karena apabila tidak diakukan pencatatan seluruh  aktifitas yang dilakukan di ruang server, mengakibatkan terjadinya kerja server yang tidak dapat dikontrol dan konfigurasi yang tidak standard yang dilakukan oleh administrator. Dengan adanya sistem informasi ini dapat memonitor apa saja yang telah dilakukan, dan server mana saja yang perlu mendapatkan perhatian lebih oleh administrator. Dalam pembuatan sistem informasi ini penulis memanfaatkan aplikasi open source berbasis web, dimana bahasa pemrograman yang digunakan adalah Php, web server yang digunakan menggunakan Apache dan memanfaatkan database Mysql. Dengan memanfaatkan apliasi open source berbasis web, menjadikan aplikasi ini dapat dipasang di server manapun, dan dapat diakses menggunakan berbagai macam sistem operasi termasuk juga menggunakan smartphone

Author Biography

Agni Isador Harsapranata, Universitas Bina Sarana Informatika

Teknik Informatika

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

M. Z. Buchari, S. R. Sentinuwo, and O. A. Lantang, “Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi,” J. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2015, doi: 10.35793/jti.6.1.2015.9964.

Lantip Diat Prasojo, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1st ed. Yogyakarta: UNY Press, 2013.

M. S. Rosa Ariani Sukamto, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.

R. Taufiq and I. S. Mustofa, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Kejurusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Di Sma Negri 15 Tangerang,” J. TI Atma Luhur, vol. 4, no. 1, pp. 103–114, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/TI_atma_luhur/article/viewFile/273/224.

D. Wira, T. Putra, and R. Andriani, “Unified Modelling Language ( UML ) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.itp.ac.id/index.php/tinformatika/article/view/1109/754.

Downloads

Published

2021-01-04