Pemanfaatan Aliran Air Irigasi Sebagai Pemutar Turbin Ulir Untuk Penggerak Pembangkit Listrik

Authors

  • Muhammad Suyanto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Jogjakarta
  • Subandi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Jogjakarta
  • Alfin Dwi Saputra Institut Sains & Teknologi AKPRIND Jogjakarta

DOI:

https://doi.org/10.22236/teknoka.v5i.368

Keywords:

PLTph, Kincir Ulir, Generator DC

Abstract

Aliran air irigasi sangat diperlukan bagi petani, guna mengairi sawah tahunan tetapi pemanfaatanya belum dimaksimalkan, upaya lain untuk sarana pembangkit listrik picohydro (PLTph) sendiri adalah pembangkit listrik tenaga pico hidro dikatakan pico karena menghasilkan daya dari ratusan Watt hingga 5 Kw yang memanfaatkan air sebagai penggerak mula kincir. Pada penelitian ini penulis membuat sebuat (PLTph) dengan menggunakan kincir ulir dan dihubungkan pada generator DC sebagai penghasil tegangan, alat ini didesain untuk dapat diletakan pada saluran irigasi yang nantinya dapat digunakan sebagai energy alternative untuk penerangan jalan desa atau lain sebagainya. Pada perancangan alat ini memiliki panjang 2,5 meter dengan lebar 64 Cm memiliki dua pintu ulir yang diharapkan dapat mempercepat putaran dibandingkan dengan satu pintu masuk air dengan sudut ulir 30 derajat yang nantinya akan dihubungkan pada pully bertingkat untuk menaikan putaran. Dalam pengujian (PLTph) menggunakan kincir ulir didapatkan hasil tertinggi dengan tegangan 13,1 Volt DC dengan arus beban tertinggi hingga 0,80 sedangkan ampere generator sebesar 1,60 Ampere yang mampu digunakan untuk beban hingga 200 W pada tegangan 200 Volt AC pada ketinggian air 80 Cm, dan pada keadaan tegangan terendah menghasilkan 8,21 Volt DC dengan ampere beban 0,15 dan ampere generator sebesar 0,11 Ampere yang dapat dibebani dengan lampu 20 Watt pada ketinggian aliaran air 75 Cm.

Author Biographies

Muhammad Suyanto, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Jogjakarta

Program Studi Teknik Elektro

Fakultas Teknik

Subandi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Jogjakarta

Program Studi Teknik Elektro

Fakultas Teknik

Alfin Dwi Saputra, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Jogjakarta

Program Studi Teknik Elektro

Fakultas Teknik

References

Agung Dwi Nugroho, D. A. (2017). Kajian Teoritik Pengaruh Geometri dan Sudut Kemiringan Terhadap Kinerja Turbin Arcimedes Screw. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan, Vol III.

Ali, R. (2013). Modeling of arcimedes turbine for low head hydro power plant in simulator MATLAB. Internasional Journal of enginering research & technology (IJERT), Vol 139.

Amir. (2018). Kemiringan Optimum Model Turbin Ulir 2 Blade Untuk Pembangkit Listrik Pada Head Rendah. Jurnal teknik mesin Uni-versitas Muhammadiyah Tangerang, vol 2 .

I Putu Juliana, A. I. (2018). Pengaruh sudut kemiringan head turbin ulir dan daya putar turbin ulir dan daya output pada pembangkit listrik tenaga mikro-hidro. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, Vol 17 No 3. Retrieved from majalah ilmiah teknologielektro: http:??ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/download/42508/26911/

Suyanto., M. (2014) Pemanfaatan Alternator DC Dengan Inverter Pada (PLTMh) Sebagai Penyedia Daya Listrik Pro-duktif Di Dusun Singosaren Imogiri Yogyakarta/Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX/Kemajuan Iptek dan Imple-mentasi Kurikulum 2013, Universi-tas Kristen Satya Wacana Sala Tiga Indonesia/ ISSN : 2087-0922, Vol. 5, No. 1/Tanggal 21 Juni 2014,

Nuembergk Dirk, M. a. (2013). Analytical model for water inflow of an arcimedes screw used in hyropower generation. journal of hydrolic enginering, vol 139.

Roses, C. (2000). The turnoff the screw : optial desain of the archimedean screw. journal of hydrolic, 126(1).

Saleh, Z. (2016). Analisis Perbandingan Daya Pada Saluran Pembawa Untuk Suplai Turbin Ulir Arcimedes. Simposium Nasional Teknologi Terapan, Vol 4.

Downloads

Published

2021-01-04