Pengaruh Waktu Perendaman terhadap Daya Serap Air dan Drop Test pada Paving Block Plastik-Pasir

Authors

  • Rizki Andika Putra Universitas Udayana
  • N P G Suardana Universitas Udayana
  • C I P K Kencanawati Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.22236/teknoka.v5i.376

Keywords:

Sampah Plastik, Tanah, Paving Block, Penyerapan Air, Drop Test

Abstract

Sampah merupakan permasalahan yang terdapat di setiap Provinsi di Indonesia termasuk juga Provinsi Bali. Sebagian besar berasal dari sampah plastik yang menyebabkan banyak permasalahan yang sampai sekarang masih belum terpecahkan solusi untuk penanganannya. Peneliti menggunakan suatu alternatif dengan cara proses pencacahan dan proses pencairan limbah plastik yang dimanfaatkan sebagai paving block. Bahan yang digunakan diantaranya yaitu pasir dengan ukuran butiran 2-3 mm sebagai penguat dan limbah plastik sebagai pengikat pengganti semen. Plastik dan pasir dicampur pada tungku yang dipanaskan dengan suhu 200  C. Proses pengujian paving block plastik-pasir menggunakan beberapa standar sebagai acuan, seperti SNI-03-0691-1996 untuk syarat mutu bata beton dan ASTM D440-86 untuk Standart Test Method of Drop Shatter Test for Coal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh waktu perendaman air terhadap karakteristik fisik dan mekanik paving block plastik-pasir. Perendaman dilakukan secara berturut-turut selama 15, 30, 45, dan 60 hari yang kemudian dilakukan pengujian drop dari ketinggian 3m pada setiap lama waktu perendaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu perendaman berpengaruh terhadap nilai persentase penyerapan dan kerusakan pada paving block plastik-pasir. Nilai penyerapan dan kerusakan terbesar diperoleh pada paving block dengan perbandingan 1:4 dan lama waktu perendaman 60 hari.

Author Biographies

Rizki Andika Putra, Universitas Udayana

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik

N P G Suardana, Universitas Udayana

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik

C I P K Kencanawati, Universitas Udayana

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik

References

Susila I.M., N.P.G. Suardana., C.I.P.K. Kencanawati, Thanaya. I.N.A.,& Adnyana. I.W.B (2018). The Effect Of Composition Of Plastic Waste Low Density Polyethylene (LDPE) with Sand Pressure Strength and Density of Sand/LDPE Composite. Vol. 593. No.1. Udayana University

Arif, F. (2013). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Bahan Eco Olafie (Economic Plastic Fiber) Paving Block Yang Berkonsep Ramah Lingkungan Dengan Uji Tekan, Uji Kejut, Serapan Air. Jurnal Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara.

Agyeman, S., Obeng-Ahenkora, N.K., Assiamah, S., Twumasi, G., (2019). Exploiting Recycled Plastic Waste as an Alternative Binder for Paving Blocks Production. Case Studies in Construction Materials 11. Elsevier.

Kartika, I, W., (2019). Pengaruh Komposisi Limbah Plastik Jenis Low Density Polyethylene (LDPE) Dengan Pasir Terhadap Serapan Air dan Porositas pada Komposit Paving Block. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Udayana. Jimbaran

Downloads

Published

2021-01-04