Implementasi E-Swimming Course Pada Usman Harun Sport Center

Authors

  • Ishak Kholil STMIK Nusa Mandiri
  • Nico Dias Palasara STMIK Nusa Mandiri
  • Muhammad Tabrani STMIK Nusa Mandiri
  • Alfiah Nur Hudayani Universitas Bina Sarana Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.22236/teknoka.v5i.381

Keywords:

Renang, Sistem Informasi, Pelayanan Kursus

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini dapat memudahkan seseorang dalam melakukan aktivitasnya salah satunya dalam berenang. Renang merupakan salah satu pilihan olahraga yang biasanya dilakukan oleh seseorang sebagai hobi, pelajaran dan terapi bagi seseorang yang memiliki keterbatasan fisik. Oleh karena itu kemajuan teknologi informasi dewasa ini sangatlah penting, misalnya informasi mengenai pelayanan kursus renang di Kolam Renang Usman Harun Sport Center. Sistem pelayanan kursus renang di GOR Usman Harun masih menggunakan sistem manual, mulai dari pendaftaran anggota baru, proses transaksi, penjadwalan mahasiswa hingga pembuatan laporan. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan yang dapat terjadi pada layanan kursus karena ketidakstabilan waktu anggota yang dapat berubah sewaktu-waktu dan memungkinkan data untuk dihapus atau tidak disimpan dengan baik. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan maka solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi dengan internet dan website yaitu dengan merancang suatu sistem, dimulai dari pembuatan UML (Unified Modeling Language) dan ERD (Entity Relationship Diagram). Sehingga suatu kegiatan dalam sistem komputerisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien serta dapat lebih kondusif dibandingkan dengan sistem sebelumnya.

Author Biographies

Ishak Kholil, STMIK Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Nico Dias Palasara, STMIK Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Muhammad Tabrani, STMIK Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Alfiah Nur Hudayani, Universitas Bina Sarana Nusantara

Program Studi Sistem Informasi

 

References

A. Prastio, “PROFIL LAMONGAN SPORTS CENTER ( LSC ) Ditinjau dari Segi Managemen, Fasilitas dan Pelayanan,” Profil Lamongan Sport. Cent. Ditinjau dari Segi Manag. Fasilitas dan Pelayanan, vol. 2, pp. 1–9, 2014.

S. & D. W. Y. K. Hengki Fernando, “Manajemen Program Pembinaan Olahraga Renang Pada Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Sumatera Selatan,” J. Phys. Educ. Sport., vol. 7, no. 1, pp. 55–59, 2018.

D. Sukmawati and S. Hartoto, “Penerapan Pemebelajaran Renang Gaya Bebas Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas,” J. Pendidik. Olahraga dan Kesehat., vol. 03, no. 2, pp. 366–370, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive.

N. Nugroho, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survey pada Pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta),” J. Paradig. Univ. Islam Batik Surakarta, vol. 12, no. 02, p. 115570, 2015.

H. Dermawan, “IMPLEMENTASI MODEL WATERFALL PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN NILAI MATA PELAJARAN BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR AL-AZHAR SYIFA BUDI JATIBENING,” Paradigma, vol. 19, no. 2, p. 142, 2017, doi: 10.1093/nq/s5-VII.159.37-a.

Paryanta, Sutariyani, and S. Desi, “Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Desa Sawahan,” IJSE Indones. J. Softw. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 77–81, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/download/2980/1929.

D. E. Hendrianto, “Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 3, no. 4, pp. 57–64, 2014.

I. Ramadhan and H. Sastramihardja, “Pemanfaatan Web Crawler Dalam Mengumpulkan Informasi Melalui Internet,” Konf. Nas. Sist. Inf. 2018, pp. 8–9, 2018.

Downloads

Published

2021-01-04