Pengaruh Waktu Perendaman terhadap Daya Serap Air dan Uji Tekan pada Paving Block Plastik-Pasir

Authors

  • Rizki N Priyanto Universitas Udayana
  • Suardana N P G Universitas Udayana
  • Kencanawati C I P K Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.22236/teknoka.v5i.384

Keywords:

paving blok, sampah plastik, pasir, penyerapan air, uji tekan

Abstract

Sampah merupakan salah satu bentuk limbah yang terdapat di lingkungan masayarakat. Salah satu jenis sampah yang sulit untuk diuraikan adalah sampah plastik. Pencemaran akibat sampah plastik mengakibatkan dampak kesehatan dan juga dampak pada lingkungan.  Peneliti menggunakan bahan yaitu pasir dengan berukuran 2-3 mm sebagai penguat dan plastik, sebagai pengikat. Pasir dan plastik diaduk dan dipanaskan pada tungku hingga mencapai suhu  200°C. Pada penelitian ini proses Pengujian menggunakan ASTM sebagai acuan, seperti ASTM D695 untuk pengujian kekuatan tekan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perendaman terhadap daya serap air dan uji tekan pada paving block plastik-pasir. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya serap air tertinggi diperoleh dengan perbandingan 1:4 dengan lama perendaman 60 hari menghasilkan nilai daya serap air 4,15%. kekuatan tekan dengan hasil nilai kuat tekan terbesar pada perbandingan 1:2 adalah 27,3 MPa, dan untuk pada perbandingan 1:4 nilai kuat tekan terbesar adalah 26,7 MPa, sedangkan nilai kuat tekan perbandingan 1:2 tanpa perendaman memiliki nilai kuat tekan 30,7 MPa, dan untuk perbandingan 1:4 tanpa perendaman memiliki kuat tekan sebesar 27,3 MPa, Hasil uji kekuatan tekan ini dapat dibuktikan dengan hasil uji morfologi melalui foto mikro.

Author Biographies

Rizki N Priyanto, Universitas Udayana

Program Studi Teknik Mesin

Fakultas Teknik

Suardana N P G, Universitas Udayana

Program Studi Teknik Mesin

Universitas Udayana

Kencanawati C I P K, Universitas Udayana

Program Studi Teknik Mesin

Fakultas Teknik

References

Pinto, F. 1998. Pyrolysis Of Plastic Wastes . 1 . Effect Of Plastic Waste Composition On Product Yield. Journal Of Analytical And Applied Pyrolysis. September 1998.

Susila, I. M. 2018. The Effect Of Composition Of Plastic Waste Low Density Polyethylene (LDPE) With Sand To Pressure Strength And Density Of Sand/Ldpe Composites. Vol. 539. No. 1. Universitas Udayana.

Agyeman, S., et al. "Exploiting recycled plastic waste as an alternative binder for paving blocks production." Case Studies in Construction Materials 11 (2019)

Kartika, I, W,. 2019. Pengaruh Komposisi Limbah Plastik Jenis Low Density Polyethylene (LDPE) Dengan Pasir Terhadap Serapan Air dan Porositas Pada Komposit Paving Block. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Udayana. Jimbaran.

Prestika, M., 2016. Pengaruh Waktu Perendaman Terhadap Uji Kuat Tekan Paving Block Menggunakan Campuran Tanah dan Semen Dengan Alat Pemadat Modifikasi. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Yusrianti, Noverma, Oktavi. E. H. 2019. Analisis Sifat Fisis Penyerapan Air Pada Paving Block Dengan Campuran Variasi Limbah Abu Ketel dan Limbah Botol Plastik. Jurnal Teknik Lingkungan. Vol. 5 No. 1, PP 01-08. UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia

Mashudi, I., Suardana, N. P. G., Thanaya, I. A., Adnyana, I. B., & Kencanawati, C. I. P. K. (2020, April).” Compressive strength and truck run over ability of plastic/sand paving block composites”. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 839, No. 1, p. 012011). IOP Publishing.

Downloads

Published

2021-01-04