Pengaruh Tekanan terhadap Sifat Mekanik dan Mikrostruktur pada Sambungan Las Gesek Aluminium AA1100

Authors

  • Muhammad Dzulfikar Universitas Wahid Hasyim
  • Helmy Purwanto Universitas Wahid Hasyim
  • Muhammad Abdul Munif Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.22236/teknoka.v5i.385

Keywords:

tekanan pengelasan, kekuatan tarik, struktur mikro, sambungan aluminium, kekerasan

Abstract

Teknik pengelasan pada aluminium sudah banyak dilakukan, tetapi masih perlu dikembangkan agar dapat tersambung dengan baik. Pengelasan gesek (friction welding) adalah penyambungan logam dengan cara memanfaatkan panas akibat dari adanya gesekan antara permukaan dua benda yang saling bersinggungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tekanan gesek terhadap bentuk sambungan, struktur makro, struktur mikro, kekuatan tarik, dan kekerasan las gesek continuous drive friction welding (CDFW). Bahan yang digunakan adalah logam silinder pejal aluminium AA1100 dengan diameter 12 mm. Proses pengelasan gesek dilakukan dengan variasi tekanan 3 MPa, 5 MPa, dan 7 MPa dan menggunakan kecepatan putar 900 rpm dalam keadaan konstan. Hasil pengelasan gesek pada tekanan 3 MPa bentuk sambungan las sempurna serta struktur partikelnya memadat menghasilkan nilai tegangan tarik yang tinggi yaitu sebesar 151 MPa dan nilai kekerasan 48 HRB. Pada pengelasan gesek dengan tekanan 5 MPa memiliki nilai tarik sebesar 141 MPa dan nilai kekerasan 43 HRB dengan struktur partikel yang memadat akan tetapi pada daerah las tidak tersambung dengan baik. Pada tekanan 7 MPa memiliki nilai tarik yang rendah sebesar 125 MPa struktur partikelnya semakin memadat dengan nilai kekerasan 38 HRB.

Author Biographies

Muhammad Dzulfikar, Universitas Wahid Hasyim

Program Studi Teknik Mesin

Fakultas Teknik

Helmy Purwanto, Universitas Wahid Hasyim

Program Studi Teknik Mesin

Fakultas Teknik

Muhammad Abdul Munif, Universitas Wahid Hasyim

Program Studi Teknik Mesin

Universitas Wahid Hasyim

References

Taban, E., Gould, J. E., & Lippold, J. C. Dissimilar Friction Welding of 6061-T6 Aluminum and AISI 1018 Steel. Materials and Design. Elsevier, Vol. 31, pp.2305-2311. (2010).

Marini, M., and Ismail, B. Torsional Deformation and Fatique Behavior of 6061 Aluminium Alloy. School of Materials and mineral Resources Engineering. University Sains Malaysia. (2001).

Irawan, Y.S., Imawan, B., Soenoko, R. & Purnomo, H. Effect of Surface Roughness and Chamfer Angle on Tensile Strength of Round Aluminum A6061 Produced by Continuous Drive Friction Welding. Journal of Engineering and Applied Sciences, Vol. 11. No. 6. Pp. 1178-1185, (2016).

Hakim L., Suwanda T. & Nugroho A.W., Pengaruh Variasi Tekanan Gesek Terhadap Kekuatan Tarik Struktur Mikro dan Kekerasan Sambungan Las Metode Continuous Drive Friction Welding Bahan Silinder Pejal Logam Stainless Steel 304, Yogyakarta, Indonesia, (2018).

Pah J.C.A., Irawan Y.S. & Suprapto W., Pengaruh Waktu dan Tekanan Gesek terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Paduan Aluminium dan Baja Karbon pada Pengelasan Gesek Continuous Drive, Malang, Vol.9 HaI. 51-59, Indonesia, (2018).

ASTM Internasional (E8/E8M – 09). Standard Test Methods for Metalic Materials. United States of American. (2010).

Downloads

Published

2021-01-04