PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PEMUKIMAN KUMUH SEDANG KAITANNYA DENGAN POLA ASUH ORANG TUA

Authors

  • Carina Rahadian Pratiwi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Amelia Vinayastri Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Mugiarsih Chaeri Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Khusniyati Masykuroh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/semnas/11571-586213

Keywords:

Pola AsuhOrang Tua, Perkembangan Kognitif, PemukimanKumuh Sedang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keterkaitan antara pekembangan kognitif anak di pemukiman kumuh dengan pola asuh orang tua. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif Asosiatif. Penelitian ini dilakukan di BKB PAUD yang terdapat di Kelurahan Tengah, Jakarta Timur. Populasi dari penelitian ini yaitu sejumlah 60 responden yang terdiri dari orang tua dan guru, sedangkan sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Identifikasi perkembangan kognitif ditemukan bahwa perkembangan kognitif berkembang dengan persentase 55% dan kurang berkembang sebesar 45%. Hasil identifikasi kecenderungan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua ditemukan bahwa orang tua cenderung menerapkan pola asuh authoritative dengan hasil rata-rata skor sejumlah 246,8. Uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 artinya kedua variabel berkorelasi. Uji signifikansi dengan rumus thitung diperoleh hasil sebesar 3,1555 lebih besar dari ttabel sebesar 1,671 yang artinya terdapat korelasi yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Tengah, Jakarta Timur.

 

References

Astuti, Henny, P. (2013). Smart Parenting : Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Kreativitas. 11(2), 117–126.

Brooks, J. B. (2011). The Process of Parenting. McGraw-Hill.Christina, E., & Inggrida, P. (2013). Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampun Kognitif Mengenal KonsepBilangan 1-10 di Kelompok A TK Islam Insan Al-Firdaus. 1–7.

Cresswell, John, W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches(4th ed.). Los Angeles: SAGE Publications.

Darling, N. (1999). Parenting Style And Its Correlates. ERIC Clearinghouse On Elementary And Early

Childhood.Desy. (2015). Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Mendidik Agama ( Islam ) ( Studi Kasus Di Desa Rejosari Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo ) Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 75–94.Hastuti, D. (2015). Pengasuhan: Teori dan Prinsip Serta Aplikasinya di Indonesia. Bogor, ID: IPB Press.

Ilan Katz, Judy Corlyon, V. L. P. And S. H. (2007). The Relationship Between Parenting And Poverty. 56.Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Pubishing.

Niaraki, F. R., & Rahimi, H. (2013). The impact of authoritative , permissive and authoritarian behavior of parents on self-concept , psychological health and life quality. 2(1), 78–85

Odame-mensah, S. (2018). The Role of Permissive and Neglectful Parenting Style in Determining the Academic Performance of Adolescents in the Senior High Schools in the Birim Municipality. 9(4), 73–82

.Riduwan, M. B. A. (2006). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. In Bandung: Alfabeta.

Salkind, Neil, J. (2008). Encyclopedia Of Educational Psychology. Sage Publications.Seifert, K., & Sutton, R. (2009). Educational Psychology

.Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. In Erlangga. Jakarta.Vinayastri, A. (2015). Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Widya, 3(1), 33–42.

Downloads

Published

2020-08-27

How to Cite

Carina Rahadian Pratiwi, Amelia Vinayastri, Mugiarsih Chaeri, & Khusniyati Masykuroh. (2020). PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PEMUKIMAN KUMUH SEDANG KAITANNYA DENGAN POLA ASUH ORANG TUA. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1), 571–586. https://doi.org/10.22236/semnas/11571-586213