HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMPN 233 JAKARTA

Authors

  • Maula Nissa Perdhana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Nur Amalia Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Nini Ibrahim Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/semnas/11755-765228

Keywords:

Confidence, Speaking Skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris dan untuk mengetahui adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan siswa kelas VIII SMPN 233 Jakarta pada semester ganjil 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasi product moment. Sampel yang digunakan adalah Simple Random sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment sebanyak 25 butir kuesioner dengan 20 butir valid dan 5 butir drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach memperoleh rhitung = 0,8875  rtabel = 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh L0 = 0,08244  Lt = 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 5,52  ttabel = 1,70 pada α = 0,05 dan ttabel = 2,47 α = 0,01 maka dengan demikian Hditolak yang menyatakan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 233 Jakarta.

 

References

Arikunto Suharsimi. 2017. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aristiani Rina. 2016. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG. (2)2

Astuti Navita Kristi. 2011. Jurus Kilat Jago Public Speaking Secara Otodidak. Jakarta: Laskar Aksara.

Carrina Azizah Chai. 2017. Skripsi : “Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Peserta Didik Kelas Vii Mts Al-Hikmah Bandar Lampung", 14.

Djiwandono Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Malang: PT Indeks.

Jati Bambang Murdaka Eka. 2015. Kewirausahaan :Technopreneurship untuk Mahasiswa Ilmu-ilmu Eksakta. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penillaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) (revisi). Jakarta.

Kushartanti Anugrahening. 2009. Perilaku Menyontek Ditinjau Dari Kepercayaan Diri.J urnal Ilmiah Berkala Psikologi. (11)2.

Matondang Zulkifli. 2009. Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, (6)1.

Megawangi Ratna dan Dina Wahyu Farrah. 2011. Membangun Percaya Diri. Cimanggis, Depok: Indonesia Heritage Foundation.

Musman Asti. 2016. Sukses Berbicara. Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia.

Nurgiyantoro Burhan. 2013. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra (3rd ed.). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurgiyantoro Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Salirawati Dea. 2012. Percaya Diri, Keingintahuan, Dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter.(2)2.

smart aqila. 2017. Presentasi Maha Dahsyat. Yogyakarta: Mitra Pelajar.

Sudarto. 2016. Keterampilan dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al Lubab, 1(1).

Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Syam Asrullah. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5, 92.

Tarigan Henry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yusuf Syamsu & Sugandhi Nani M. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafino Persada.

Downloads

Published

2020-08-28

How to Cite

Maula Nissa Perdhana, Nur Amalia, & Nini Ibrahim. (2020). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMPN 233 JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1), 755–765. https://doi.org/10.22236/semnas/11755-765228