UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TENTANG PARADIGMA BARU PKn DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MELALUI EVALUASI DIRI GURU DI GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BOJONG SARI KOTA DEPOK

Authors

  • Sri Rahayu Pudjiastuti STKIP Arrahmaniyah
  • Tati Setiowati STKIP Arrahmaniyah

DOI:

https://doi.org/10.22236/semnas/11777-786231

Keywords:

Teacher's New Paradigm, Professional Competence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang paradigma baru PKn dan kompetensi profesional melalui evaluasi diri guru di Gugus Dewi Sartika Kota Depok. Penulis menggunakan metode Action Research (Penelitian Tindakan) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, adalah penelitian tindakan yang mengacu pada conteks of discovery, dengan harapan diperoleh temuan yang relevan untuk digunakan sebagai refleksi dan kaji tindak. Penerapan pelatihan model evaluasi diri guru dapat meningkatkan pemahaman guru tentang paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan dan kompetensi profesional guru dalam PKn di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Bojong Sari Kota Depok. Hal tersebut didasarkan pada: Penerapan model evaluasi diri guru dapat meningkatkan pemahaman guru tentang paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan. Keberhasilan ini dapat ditunjukan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 70%. Pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 87%. Pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 100%, artinya seluruh guru telah mencapai indikator keberhasilan. Sehingga indikator keberhasilan pada penelitian ini telah tercapai. Selanjutnya mengenai kompetensi guru dalam PKn pada siklus I, diperoleh persentase ketuntasan sebesar 60%. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 80%. Pada siklus III diperoleh persentase ketuntasan sebesar 100%. Sehingga indikator keberhasilan pada penelitian ini telah tercapai.

 

References

Depdiknas,(2010).Pedoman Penilaian Kinerja Guru, Jakarta : Depdiknas.h.14.Kepmendiknas No. 045/U/2002

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 tahun 2009Pudjiastuti, Sri Rahayu, (2004). Metode Penelitian Pendidikan,Jakarta: STKIP Kusuma Negara.

Pudjiastuti, Sri Rahayu.(2018).Implementation of The Mind Mapping Model With Scattergories Game in Improving Creativity and Learning Outcomes in National Education Materials. JhSS Journal of Humanities and Social Studies, e-ISSN:2598-120X | p-ISSN:2598-117X. Sinta-3. Vol.2, No.2.

Pudjiastuti, Sri Rahayu, Sri Rumiati. Development of the PKn Learning Attitude Assesment Model in Foreign Political Culture and Results of PKn Learning from Students of Depok City Vocational School (SMK Semesta Cimanggis). JhSS Journal of Humanities and Social Studies, e-ISSN:2598-120X | p-ISSN:2598-117X. Sinta-3. Vol. 3, No.1. 2019.Samana.(1994).Profesionalisme Keguruan,Yogyakarta : Penerbit, Kanisius.h.44

Sarimaya, Farida.(2008).Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa, dan Bagaimana?Jakarta : Rajawali Press.h.17.

Wibisono, Dermawan.(2010).Manajemen Kinerja Koprporasi dan Organisasi,Jakarta :Penerbit Erlangga.h.193.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Sri Rahayu Pudjiastuti, & Tati Setiowati. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TENTANG PARADIGMA BARU PKn DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MELALUI EVALUASI DIRI GURU DI GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BOJONG SARI KOTA DEPOK. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1), 777–786. https://doi.org/10.22236/semnas/11777-786231