PENGARUH IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 32 JAKARTA

Authors

  • Sarah Amaliyah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Lismawati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/semnas/11842-849235

Keywords:

Eksperimen, Hasil Belajar, Quizizz, Sekolah SMAN 32 JAKARTA

Abstract

Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup pengaruh implementasi aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak empat kelas IPA, kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, X MIPA 4. Dan sampelya adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan pre test dan pos ttest yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas serta uji prasyarat analisis. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis, menggunakan analisis independent sample t test. berdasarkan hasil analisis data didapatkan SIG 2 (tailed) sebesar 0,000<dari 0,05. Maka diartikan terdapat perbedaan hasil belajar pada data pre test dan post test yang artinya bahwa pengaruh implementasi aplikasi quizizz berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dan diperoleh nilai t hitung sebesar 8,296 mengartikan lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,001 (8,296>2,001). Berdasarkan perhitungan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa Implementasi Aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA di SMAN 32 JAKARTA.

References

Tri Listyorini, Jurnal Simetris, Vol.3 No.1dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/85/720Pos-test kelas kontrol konvensional3075,134,974,908

Muhammad Imaduddin, Membuat kelas Online Berbasis Android dengan Google Clasroom, (Yogyakarta:Garudhawaca,2018).2.

Hasan Mahmud Halidi, e-Jurnal Mitra Sains Volume 3 nomor 1 (Januari 2015) dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/view/4153/3090

Erna Mardliyana,” Jurnal GeoEco Vol. 4, No. 1 (Januari 2018) dari https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/19170/15194

Meliyani, “Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial” (Juni 2019) dari http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/8232/4573

Benny A Pribadi, (2017) media dan teknologi dalam pembelajaran,Jakarta:KencanaDarmadi, Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamikabelajar siswa. (2017)Yogyakarta:Deepublish.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Sarah Amaliyah, & Lismawati. (2020). PENGARUH IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 32 JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1), 842–849. https://doi.org/10.22236/semnas/11842-849235