PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR�AN MELALUI METODE HATTAIYAH DI FKIP UHAMKA

Authors

  • Heni Ani Nurani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/semnas/11861-872237

Keywords:

Reading Al-Quran, Hattaiyah Method

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka dalam membaca Al-Quran sesuai tajwidnya dengan melalui metode Hattaiyah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan, dimana pada proses perencanaan pembelajaran membaca Al-Quran melibatkan metode Hattaiyah. Proses observasi dilakukan dengan lembar pengamatan, dan data diperoleh dengan angket. Pada proses refleksi didapat bahwa 50% dari keseluruhan mahasiswa sudah bisa membaca Al-Quran dengan benar sesuai tajwid, sedangkan sisanya masih belum bisa membaca Al-Quran sesuai tajwid. Karena hasil pada siklus 1 belum sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 80% mahasiswa mampu membaca Al-Quran dengan benar sesuai tajwid, maka proses pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2, perencanaan dilakukan berdasarkan hasil refleksi siklus 1 yaitu dengan menambah waktu untuk mempelajari tajwid. Hasil penelitian  didapat bahwa 84% dari keseluruhan mahasiswa mampu membaca Al-Quran sesuai tajwid, sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan metode Hattaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran mahasiswa.

 

References

Arief S. Sadiman, dkk. 1990. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. Undang-undang Guru dan Dosen. 2009

Yudhi Munadi. 2008. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Munif Chatib. 2010. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Mizan Media Utama.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Heni Ani Nurani. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR�AN MELALUI METODE HATTAIYAH DI FKIP UHAMKA. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1), 861–877. https://doi.org/10.22236/semnas/11861-872237