PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS IV SDN KEBON PALA 11 PAGI

Authors

  • Mifta Septiani Zeni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Suswandari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Hari Naredi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Keywords:

method inquiry, motivasition

Abstract

This study aims to determine there is an influence of students' social studies learning motivation using the inquiry method in social studies learning or not. The research method used is a quantitative research method by employing Post-test Only Control Group .The sample in this study are 63 students consisting of 32 IV A students as the control class and 31 students become as the experimental class. Each questionnaire has a score of 4 to 1. Based on the results of the normality and homogeneity test of learning outcomes in the experimental group and the control group, the results of data obtained in both groups are normally distributed and homogeneous. Furthermore, data analysis techniques are using the t-test, and obtained the Tvalue is 11.36 which is higher than Ttable (1.99967) with a significant level α = 0.05 . Thus H0 is rejected and Ha is accepted. It means that there is a very significant influence on the use of inquiry method on the motivation of studying social subject  for IV grade students of Elementary School  Kebon Pala 11 Pagi.

 

References

Ahmadi, Lif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. PAIKEM GEMBROT Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Al- Tabany Ibnu Badar, Tritanto. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Joyjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Rudy. 2016. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Janawi. 2013. Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Khuluqo, Ihsani El. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Kurniasih Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Ma’mur, Asmani Jamal. 2011. 7 Tips Aplikasi Pakem. Jogjakarta: Diva Press.

Milah, A. S., Suswandari, S., & Armiyati, L. (2019). PEMAHAMAN GURU SEJARAH TERHADAP PEMANFAATAN CAGAR BUDAYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI KABUPATEN CILACAP. BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH, 2(1).

Muhammad, Yaumi. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Muslim, Sri Banuri. 2010. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Mataram: Alfabeta.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Peneliti Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Jakarta: Alfabeta.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sagala Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. 2017 Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardan, Dadang. 2015. Pengantar ilmu sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Suswandari. (2016). PERSPEKTIF PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENANAMAN NILAI DAN ETIKA SERTA HAK ASASI MANUSIA DI ERA GLOBAL. Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global, 401–414.

Suswandari, S., & Hastiartono, T. (2014). INOVASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KARAKTER.Jakarta: Mita Abadi

Suswandari, S. (2017, March). PERSPEKTIF PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENANAMAN NILAI DAN ETIKA SERTA HAK ASASI MANUSIA DI ERA GLOBAL. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 401-414).

Suswandari, S. (2019, October). Ekstrapolasi Paradigma Pendidikan dan Kearifan Kebudayaan Lokal Dalam Menyambut Society 5.0. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 35-45).

Tritanto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: AR-RUZZ.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran.Jakarta: GP Press Group.

Downloads

Published

2020-08-27

How to Cite

Mifta Septiani Zeni, Suswandari, & Hari Naredi. (2020). PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS IV SDN KEBON PALA 11 PAGI. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1), 353–359. Retrieved from https://proceedings.uhamka.ac.id/index.php/semnas/article/view/197

Most read articles by the same author(s)