PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KUNINGAN MELALUI BUDAYA MERANTAU (STUDI URBANISASI DESA WILANAGARA, KEC. LURAGUNG, KAB. KUNINGAN, JAWA BARAT)

Authors

  • Muhammad Yusuf Ali A.S Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Hari Naredi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/semnas/11650-663220

Keywords:

Social Change, Overseas Culture, Urbanization

Abstract

Perubahan Sosial Masyarakat Kuningan Melalui Budaya Merantau (Studi Urbanisasi Desa Wilanagara, Kec. Luragung, Kab. Kuningan, Jawa Barat)”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi konsep budaya merantau bagi masyarakat Desa Wilanagara. (2) Menelaah filosofi yang mendasari masyarakat Desa Wilanagara untuk merantau. (3) Menilai perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat Desa Wilanagara. (4) Mengidentifikasi kota yang menjadi tujuan dan profesi yang ditekuni para perantau Desa Wilanagara. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah masyarakat di Desa Wilanagara. Data dikumpulkan melalui pengamatan/observasi, pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi datan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Konsep merantau masyarakat Desa Wilanagara ialah dengan konsep aplus, dalam artian bekerja secara bergiliran. Konsep aplus sudah menjadi kebiasaan turun-temurun bagi masyarakat Desa Wilanagara yang dijalankan setiap dua bulan sekali bergilir sesama kerabat atau saudara untuk menjadi seorang pedagang di kota. (2) Filosofi yang mendasari masyarakat Desa Wilanagara untuk merantau adalah usaha untuk memperbaiki kehidupan dengan cara merantau ke kota lain karena merantau adalah cara untuk bisa meraih kesuksesan dan adanya kesempatan yang tebuka di kota besar. (3) Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat Desa Wilanagara antara lain, ekonomi, pendidikan, dan sosial budaya. Meningkatknya kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Wilanagara membawa dampak positif bagi perkembangan kualitas pendidikan dan kehidupan sosial budaya masyarakat Desa Wilanagara. (4) Jakarta merupakan kota tujuan utama bagi masyarakat Desa Wilanagara dan berdagang adalah mata pencaharian utama masyarakat Desa Wilanagara di Jakarta. Sebab proses ini sudah terjadi secara turun-temurun dan telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Desa Wilanagara.

 

References

Audya, R. (2016). Tradisi Merantau Pedagang Bubur Kacang Ijo Asal Kuningan di Yogyakarta Tahun 1950-2015o Title. Universitas Pedidikan Indonesia.

Djunaedi, E. (1997). Pola Merantau Masyarakat Dusun Cisayong, Desa Cisayong Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Universitas Indonesia.

Ekadjati, E. (2003). Sejarah Kuningan Dari Masa Prasejarah Hingga Terbentuknya Kabupaten. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Jansen Sinamo. (2011). Delapan Etos Kerja Profesional. Jakarta: Institut Mahardika.

Koentjaraningrat. (1978). Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Maesoruh. (1995). Perpindahan Penduduk dan Urbanisasi di Indonesia. Jakarta: Biro Pusat Statistik.

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Karya.

Salim, A. (2002). Perubahan Sosial: Sketsa Teori dan Reflesi Metodologi Kasus Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Soerjono Soekanto. (2001). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugihen, B. (1997). Sosiologi Pedesaan Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suswandari. (2016). Pemahaman Sejarah, Budaya dan Kearifan Lokal Etnik Betawi Pada Guru Sekolah Dasar di Wilayah DKI Jakarta. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 34–55.

Downloads

Published

2020-08-28

How to Cite

Muhammad Yusuf Ali A.S, & Hari Naredi. (2020). PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KUNINGAN MELALUI BUDAYA MERANTAU (STUDI URBANISASI DESA WILANAGARA, KEC. LURAGUNG, KAB. KUNINGAN, JAWA BARAT). Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1), 664–673. https://doi.org/10.22236/semnas/11650-663220