UJI PERFORMA ASIMILASI DATA OBSERVASI UDARA ATAS DAN UDARA PERMUKAAN MODEL WRF DI SEMARANG (STUDI KASUS TANGGAL 3 – 5 DESEMBER 2018)

Authors

  • HMPG UHAMKA pendidikan Geografi UHAMKA
  • Usman Efendi
  • Aries Kristianto

Keywords:

prediksi cuaca numerik, WRF, asimilasi data

Abstract

Prediksi cuaca numerik telah menjadi dasar dalam operasional prediksi cuaca di seluruh dunia. Meskipun perkembangan prediksi cuaca numerik sangat pesat, metode tersebut masih mengalami kendala dalam hal akurasi data. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keluaran model cuaca numerik adalah dengan memperbaiki kondisi awal model melalui proses asimilasi data. Pada penelitian ini dilakukan asimilasi data observasi udara atas dan permukaan pada model cuaca numerik Weather Research and Forecasting (WRF). Studi kasus dilakukan di wilayah Semarang pada tanggal 3 – 5 Desember 2018.Keluaran model WRF berupa data intensitas hujan, suhu udara, kelembapan udara, mean sea level pressure (MSLP), serta arah dan kecepatan angin diverifikasi dengan data observasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Mas. Verifikasi data dilakukan melalui metode statistik koefisien korelasi, Root Mean Square Error (RMSE), serta Mean Error (ME). Adapun verifkasi arah dan kecepatan angin dilakukan melalui diagram wind rose. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prediksi suhu, kelembapan udara, serta MSLP untuk model dengan asimilasi data memiliki koefisien korelasi lebih tinggi dibanding model tanpa asimilasi masing-masing sebesar 0831, 0,832, serta 0,881Prediksi arah dan kecepatan angin memiliki performa yang sedikit lebih baik dibandingkan model prediksi tanpa asimilasi data. Sementara itu, prediksi hujan pada model dengan asimilasi data tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan model tanpa asimilasi data.

Published

2022-07-16

How to Cite

pendidikan Geografi, H. U., Efendi, U., & Kristianto, A. (2022). UJI PERFORMA ASIMILASI DATA OBSERVASI UDARA ATAS DAN UDARA PERMUKAAN MODEL WRF DI SEMARANG (STUDI KASUS TANGGAL 3 – 5 DESEMBER 2018). Prosiding Seminar Nasional Berseri, 1(1). Retrieved from https://proceedings.uhamka.ac.id/index.php/semnas/article/view/518

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>